Fery Pamawisa. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Keputusan Mengenai Etika Dalam Kegiatan Ekonomi (Helyana)

Keputusan Mengenai Etika Dalam Kegiatan Ekonomi
Helyana Nurani - 1114215044


BAB I
Pendahuluan

I.I Latar Belakang

Manusia diciptakan oleh Tuhan YME yaitu makhluk yang sempurna. Dalam hakikatnya manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial. Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang sering berkomunikasi dari orang ke orang yang lain. Seringnya berkomunikasi dengan orang lain, diperlukan untuk memperlajari sebuah etika agar kita dapat mengetahui respon apa yang kita terima baik itu respon positif maupun negatif. Pergaulan hidup seseorang dalam bermasyarakat diperlukan suatu sistem pergaulan yang saling menghormati, sopan santun, tata krama agar menjaga kepentingan masing – masing terlihat senang, tentram, terlindungi tanpa merugikan pihak lain sesuai dengan adat tingkah kebiasaan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan hak-hak asasi pada umumnya.

I.II Perumusan Masalah

            - Apa yang dimaksud dengan etika dalam kegiatan ekonomi?
            - Apa peranan etika dalam kegiatan ekonomi?

I.III Tujuan Penulisan

            - Mengetahui arti sesungguhnya etika dalam kegiatan Ekonomi
            - Mengerti akan pentingnya peranan etika dalam kegiatan ekonomi

BAB II
Pembahasan

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan manusia untuk memperoleh barang dan jasa, dengan kata lain  juga bisa kegiatan ekonomia dalah kegiatan manusia untuk mencapai kemakmuran hidupnya. Kegiatan ekonomi dibedakan menjadi 3 yakni: Produksi, Konsumsi dan Distribusi. Sementara itu, etika telah dipahami sebagai sebuah disiplini lmu yang mandiri dan karenanya terpisah dari kegiatan ekonomi. Etika adalah ilmu yang berisi patokan-patokan mengenai apa-apa yang benar atau yang salah, yang baik atau buruk, yang bermanfaat ataut idak. ini berhubungan dengan perilaku, baik perilaku produsen, perilaku distributor dan perilaku konsumen. Tanpa etika yang baik niscaya kegiatan ekonomi mengakibatkan kerugian yang jauh dari tujuan ekonomi untuk kemanfaatan.

Dalam kegiatan ekonomi, etika sangat diperlukan agar kegiatan ekonomi tersebut agar dapat berjalan sesuai apa yang diinginkan. Setiap manusia memerlukan kebutuhan hidup seperti sandang, pangan, dan papan, ini harus ditempuh dengan melalui kerja ekonomi tersebut. Kerja ekonomi merupakan suatu perilaku yang dapat mempengaruhi hasil apa yang kita inginkan, seperti pendapat gaji dari perusahaan ataupun hasil pendapatan dari kita berjualan sebagai pedagang. Dalam proses kegiatan ekonomi tersebut kita sering berinteraksi dengan orang lain. Interaksi yang kita sering lakukan itu harus didasari dengan pola etika tingkah laku yang baik agar mendapat respon yang baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Proses kegiatan ekonomi sering kali melanggar sebuah etika. Kegiatan manusia yang dapat melabrak aturan dan mencederai nilai-nilai kemanusian yang dapat merugikan orang lain seperti contoh praktik monopoli dagang, penipuan dan praktik bisnis yang tidak sesuai dengan kesepakatan perjanjian. Pola sebuah etika memang sangat diperlukan dana kegiatan ekonomi. Apabila sebuah etika dalam kegiatan ekonomi tidak diterapkan maka akan mempengaruhi tingkat kesenjangan sosial yang dimana tindakan tidak manusiawi seperti penerapan buruh yang murah, praktik eksploitasi sumber daya alam akibatnya, kekayaan ekonomi tidak menjadikan kehidupan manusia sejahtera, makmur dan damai, kekerasan sosial. Agar mencapai keseimbangan dan keharmonisan, tindakan ekonomi perlu tetap berada dalam koridor etika dan evaluasi tindakan ekonomi secara mendalam.Dengan adanya spirit etika akan memotivasi para pelaku ekonomi menunaikan kewajiban bagi sesama dan mencegah meraka dari metode, cara berpikir, praktik, perilaku yang tidak terhormat dan tidak adil serta menyakiti orang lain.

ANALISA

Aktifitas ekonomi yang dijalankan sebagian kelompok masyarakat atau negara di dunia dan indonesia pada khususnya, sudah sering menggunakan etika dan mengoyakan nilai-nilai etis sehingga menghasilkan respon yang positif.  contohnya dalam kegiatan ekonomi yang harus menerapkan etika dalam kegiatan tersebut, seperti contoh kita sebagai pelaku usaha ataupun pedagang. Kita sebagai pedagang pasti ingin mempunyai penghasilan daganganya ataul aba yang diterima sangat menguntungkan. Agar memperoleh hasil pendapatan yang menguntungkan yaitu dengan cara beretika komunikasi yang baik terhadap konsumen ataupun pelanggan yang  kita miliki. Cara beretika yang baik yaitu melayani sepenuhnya apa yang dibutuhkan oleh konsumen, memaksimalkan kepuasan pelanggan dari barang produksi yang kita jual, sehingga konsumen tersebut dapat tertarik dan ingin membeli produk yang kita jual. Dari kepuasan konsumen dapat meningkatkan pendapatan ataupun laba yang tinggi. Itulah pentingnya sebuah etika dalam kegiatan ekonomi, dengan pola tingkah laku yang baik akan merespon hasil yang positif.

KESIMPULAN

Bahwa beretika merupakan faktor yang penting dalam menjalankan kegiatan ekonomi sehari-hari. Pentingnya sebuah etika akan mendapatkan hasil respon yang positif baik bagi kehidupan bermasyarakat. Saling menguntungkan satu sama lain dan dapat mencapai keseimbangan dan keharmonisan bagi para pelaku ekonomi sertadapat terhindar dari perbuatan tercela yang dapat merugikan masyarakat.

Sumber :
https://10menit.wordpress.com/tugas-kuliah/pengertian-etika/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Pages